Kalau saat kuliah ada Mapala alias mahasiswa pecinta alam, saat di NET ada NET.Adventure. Empat orang keren di balik terbentuknya komunitas ini adalah Heri Wibowo, Malik, Abdul dan Irfan Widiyanto. Sehari-hari keempatnya menggeluti profesi yang berbeda, Irfan adalah driver, tiga lainnya adalah tenaga pengamanan. Minat yang sama mempertemukan keempatnya dan sepakat mendeklarasikan NET.Pala pada 27 Juni 2020 yang kemudian menjadi NET. Adventure.

 

NET.Adventure terbentuk untuk menyatukan hobi dan kecintaan pada alam. “Dalam hal ini, olahraga pendakian dan kemping keluarga adalah kegiatan utamanya,” ungkap Heri.

 

Sejak berdiri, komunitas ini beranggotakan 50 anggota, dan sudah menjelajah beberapa gunung di pulau Jawa seperti Gunung Gede, Gunung Pangrango, Gunung Ceremai, dan Gunung Slamet. Dalam satu kali pendakian sedikitnya 20 orang anggota komunitas ikut bergerak.

 

Berbeda jika kegiatan kemping keluarga, tutur Heri bisa melibatkan lebih dari 50 orang. Beberapa camp ground yang pernah dituju antara lain Cibodas Mandalawangi, Cipamingkis, Puncak Langit, Cibodas Bukit Golf, Samara Site Camp, Cisarua 2, dan Cidahu Cangkuang.

Momen berkumpul bersama keluarga dan teman saat berkegiatan mendaki atau kemping keluarga menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan. Menyaksikan anak-anak berlarian menikmati alam bebas adalah pemandangan yang tidak bisa setiap hari di lihat di tengah kota dan kesibukannya.

 

“Dalam kegiatan pendakian, bahkan fisik dan mental yang prima terbentuk. Kita banyak mengalami peristiwa yang mengesankan di balik kekaguman tentang keindahan alam yang kita rasakan dan nikmati,”  papar Heri. Biasanya, sebelum berkegiatan, mereka melakukan survei lebih dulu agar menemukan tempat yang cocok dari aspek keindahan alamnya hingga fasilitas yang ada.

 

Saat pandemi dan new normal seperti ini mereka juga harus menyesuaikan diri jika berkegiatan. Protokol kesehatan standar mereka terapkan untuk menjaga kesehatan bersama dalam berkomunikasi menjelang keberangkatan dlakukan secara online.

 

“Ke depannya, Net.Adventure akan mengadakan kegiatan touring dengan dengan konsep berkemah, serta bakti sosial di daerah dimana kita melaksanakan kegiatan,” pungkas Heri.

 

Kalau tertarik bergabung NET.Adventure, daftarkan diri saja ke pihak admin. Nanti akan diundang masuk ke grup WhatsApp untuk mendapatkan informasi jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan serta dapat berdiskusi berbagai tentang kegiatan alam terbuka dan alat pendukung yang diperlukan.

 

Penulis: Sarah Yulianti