Merayakan hari jadi merupakan momen istimewa. Setiap upaya yang diperjuangkan dan telah dilewati dalam setiap tetes keringat dan air mata menjelma jadi suka cita. Mewujud sebagai ngkapan rasa syukur dalam doa yang dipimpin Kang Dede, VP News NET di acara Halal Bihalal sekaligus Anniversary NET 9th pada 24 Mei 2022  di Stage A, Gedung Mitra.

Setelah lebih dari 2 tahun tertahan pandemi, kegembiraan seolah tumpah ruah tak bisa dibendung lagi. Suasana ceria penuh rasa kebersamaan akhirnya dapat dirasakan lagi secara langsung bertatap muka, saling lempar senyum dan canda. Tidak lagi dibatasi layar ponsel atau monitor komputer, kecuali keluarga NET tercinta yang belum bisa hadir secara langsung lantaran tersebar di penjuru Nusantara.

Gempita sukacita dalam semangat kebersamaan pun pecah saat seluruh karyawan beradu kreatifitas mewakili departemen dan divisinya masing-masing dalam lomba menyanyi. Urusan malu menjadi nomor ke sekian, yang penting hadiah di tangan. Meski judulnya lomba, menang kalah ternyata bukan masalah. Semua orang larut dalam keriaan dan rasa bangga yang sama seperti halnya yang dirasakan para juara lomba: Produksi, Services & Legal Operations dan Strategic Promotion & Programming.

Dalam momen istimewa itu, semua anggota keluarga NET sejatinya adalah pemenang. Bertahan di tengah terpaan badai pandemi bukan perkara gampang, melainkan prestasi yang patut disyukuri. Usia 9 merupakan perjalanan yang tidak sebentar, bagi keluarga besar NET umur ini punya makna beragam. .

Fitria Seftiany, AVP Sales NET mengungkapkan kesannya. “NET di umur yang ke-9 ini menghadapi berbagai macam tantangan karena secara industri ada perubahan, mulai dari banyaknya platform hingga persaingan konten. Tapi kita yakin kita akan menuju posisi yang lebih baik seiring dengan meningkatnya performance program prime dan non-prime time kita, ditambah kita juga sudah punya beberapa program baru, baik yang sudah mulai tayang seperti “eXpresi” maupun program lain yang segera menyusul.”

Hal senada disampaikan Mira Desliana, AVP of Research & Development NET. Persaingan stasiun televisi yang makin ketat dan tantangan di era digital tidak membuat NET goyah. Mira yakin itu dapat terwujud jika semua tim di NET, dari programming, news, hingga produksi, berusaha menghasilkan program terbaik. Sehingga, berbagai program yang NET sajikan masih punya potensi dan penonton yang loyal. “Journey NET extraordinary. It’s very different since it was born, NET menjadi TV yang menaikkan standar kualitas dari program TV, sehingga banyak yang melirik. Itu strategi yang bagus, tapi untuk keep up the business, kita juga tetap harus ikut alur pasar. Saya pikir semua karyawan dan BOD mendukung dan bersemangat untuk melakukan perbaikan, juga improvement terhadap performa NET,” tegas Mira.

Dikfa Puradisastra, Senior Producer News NET, sependapat dalam usianya yang sekarang NET semakin dewasa dalam mengatur keuangan. Bergabung dengan NET sejak 2012, Dikfa punya harapan besar terkait program dan tujuan NET ke depan. “Bila dulu slogan televisi masa kini punya sasaran anak muda, kini arahnya perlu ditegaskan kembali. Kebanggaan televisi bukan hanya dari capaian share/rating, tapi juga dengan menciptakan program-program berkualitas.” Dia mengusulkan dari penyediaan konten diberi kesempatan untuk menayangkan program baru dengan masa “uji coba” selama 2 bulan dan siapkan penggantinya saat program tidak berjalan seperti harapan. “Kita butuh kembali mendapat perhatian publik dan dilirik penonton, salah satu caranya mungkin dengan gebrakan yang sangat signifikan seperti rebranding yang diikuti logo baru atau hal menarik yang mengajak partisipasi masyarakat luas,” tambah Dikfa.

Dari salah satu keluarga besar NET terbersit harapan agar kebersamaan dan empati antar karyawan dapat terpelihara. Dia juga mengharapkan agar NET kembali menunjukkan jati dirinya melalui program yang membangun Indonesia, jaringan penyiaran di seluruh daerah yang lebih baik dan konsistensi jam tayang.  “Untuk keluarga besar sesama karyawan, saya juga berharap teman-teman tidak hanya peduli dengan jobdesk masing-masing. Kita dulu membangun NET dengan rasa memiliki program yang besar dan rasa kebersamaan yang kuat, untuk itu nggak jarang semua bersedia melakukan upaya ekstra yang bukan jobdesk demi keberhasilan program,” ujarnya.

Jelaslah dalam usia yang mencapai 9 Tahun ini, NET  bukan hanya memberi kehangatan bagi pemirsa, melainkan juga bagi karyawannya. Salah satu staff koperasi yang sudah bergabung dengan NET selama 7 tahun, Muhammad Ansyar menganggap NET seperti rumah keduanya. Ansyar bersyukur bisa bertemu dan kenal dengan banyak karyawan NET.. ““Ibarat keluarga, para karyawan dan rekan kerja adalah saudara bagi saya dan atasan adalah orang tua bagi saya. Sekarang dan seterusnya, mari sama-sama kita pertahankan keharmonisan keluarga tercinta ini dengan rasa aman, nyaman, dan tentram. Terakhir, tetap jaga nama baik keluarga kita di luar ya, bro n sista. Semoga kekeluargaan yang membahagiakan ini terus terjalin,” tutur Ansyar.

Seluruh harapan baik dari tiap anggota keluarga NET tentu bermuara pada satu tujuan, yaitu NET yang lebih baik. Mari merapat satukan semangat bermodal tiga hal yang dipesankan CEO NET, Deddy Sudarijanto di acara Halal Bihalal kala itu. “Modal besar kita mungkin bukan capital yang besar, teknologi yang paling mumpuni atau posisi yang belum jadi nomor satu di antara seluruh media. Modal penting kita justru berasal dari kita sendiri, pertama adalah agility, yaitu gesit untuk bergerak sesuai dinamika yang berkembang dan berinovasi, kedua adalah learning culture yaitu budaya untuk terus membekali diri dengan ilmu, kemudian teamwork atau kerja sama tim untuk membangun NET yang kita cintai.”